Minggu, 30 September 2007

Gonjang-Ganjing Gunung Kelud

www.beritajatim.com
Minggu, 30/09/2007 15:35 WIB

Siaran Pers Mbah Ronggo: Gunung Kelud Tak Meletus


Kediri - Mbah Ronggo alias Warsita, Juru Kunci Gunung Kelud terlihat bersemedi meminta wangsit kepada yang maha kuasa apakah gunung yang meletus 1990 akan meletus kembali.

Ditemui beritajatim.com di pesanggrahannya Mbah Ronggo nampak santai dan bersemedi meminta petunjuk agar keputusannya akan disiarkan kepada penduduk sekitar.

Menurutnya ketika sebelum larung sesaji tanggal 9 Septermber 2007 lalu pernah diajak dengan musyawarah tim pamantau karena suhu kawah Gunung Kelud sudah mulai naik.

"Saya waktu itu sudah menyampaikan kepada Tim Pemantau Gunung Kelud meski suhu sudah naik namun belum tentu akan meletus, karena pernyataan Tim pemantau bisa menggegerkan warga sekitar," kata Mbah Ronggo, Minggu (30/09/2007).

Sementara itu Umar Rosadi ketua tim PMVB menyatakan meletus atau ntidak itu tidak bisa diperkirakan namun dia melihat dari data di pos pemantauan. "Gejala-gejala meletus sudah nampak, suhu, kegempaan, unsur kimia air naik dan menunjukkan adanya perubahan, " terangnya.

Dijelaskannya mulai pukul 00.00 WIB hingga 12.00 WIB tadi mlam hingga siang sudah ada tiga kali gempa vulkanik dalam dengan suhu air 36 derajad selsius.

"Warna air kawah putih meluas dan biru hijaunya menjadi sedikit," katanya.

Hingga siang ini tim tidak berani naik ke kawah Gunung Kelud karena perubahan status dari waspada menjadi siaga dan hanya memantau di pos pemantauan.

Sayangnya Kamera CCTV yang sudah terpasang beberapa waktu lalu hingga kini belum bisa dipergunakan hingga tim belum bisa memantau Gunung Kelud sehingga mereka mengandalkan data-data seperti biasanya.[ted]

Editor : Teddy Ardianto
Reporter: Asmaul Chusna

Tidak ada komentar: